Latest Post


    Terimakasih Telah Berkunjung

    Mengantuk Sehabis Olahraga, Kenapa?

    Mengapa seringkali kita merasa ngantuk setelah melakukan olahraga? Seharusnya, setelah berolahraga seseorang justru akan merasa segar dan semangat beraktifitas. Tapi pada beberapa orang tertentu justru merasa ngantuk, termasuk napetis. Apa penyebabnya? Simak penyebabnya berikut ini:

    1. Penyebab paling umum adalah ia berolahraga dalam kondisi energi yang rendah dalam tubuh.

    Misalnya baru selesai bekerja langsung olahraga tanpa makan beberapa jam sebelumnya sehingga cadangan glikogen menipis atau baru bangun tidur langsung berolahraga.

    Hal ini karena tubuh memilih menggunakan karbohidrat dan glikogen selama latihan sementara cadangannya sedikit, sehingga membuat tubuh cepat lelah dan mengantuk setelahnya karena kekurangan energi.

    2. Olahraga secara berlebihan (overtraining) yang membuat seseorang terlalu banyak latihan dan tidak memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk melakukan pemulihan.

    Selain mengantuk ada gejala lain yang timbul dari overtraining sepeti rasa sakit di otot, mual, serta stres. Kondisi ini meningkatkan risiko cedera dan penyakit akibat adanya penekanan pada sistem kekebalan tubuh.

    3. Kondisi medis seperti diabetes, kadar gula darah rendah, anemia dan tiroid yang kurang aktif (hipotiroid) juga bisa menyebabkan kelelahan dan kantuk setelah olahraga.

    Kondisi ini membutuhkan bantuan dokter untuk mengatasinya karena terkadang butuh bantuan obat-obatan.

    Solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah rasa kantuk setelah olahraga adalah:
    1. Mencoba melakukannya di pagi hari
    2. Berolahraga di waktu yang berbeda
    3. Mengonsumsi makanan ringan yang sehat setidaknya 1 jam sebelum olahraga
    4. Istirahat yang cukup.

    Nah, setelah ini, cobalah untuk menerapkan solusi di atas. Jika masih merasa mengantuk, cobalah berolahraga dengan dikombinasikan dengan cuci mata, dijamin segerrr :)

    0 komentar:

    Post a Comment