Latest Post


    Terimakasih Telah Berkunjung

    Perbedaan TO dan FOR serta Cara Penggunaanya


    Dalam mempelajari bahasa Inggris, seringkali kita menemukan dua kata yang memiliki arti sama dan membuat kita bingung bagaimana cara menggunakannya. Nah, kali ini napetis akan membahas tentang perbedaan antara for dan to. Tentu saja dalam penggunaanya seringkali tertukar antara satu dengan lainnya. Supaya tidak bingung, marilah simak penjelasan berikut.


    TO, selalu digunakan jika terjadi perpindahan (transfer) atau pertukaran (exchange) sesuatu dalam kalimat. Jadi, jika Anda ingin mentransfer atau mempertukarkan sesuatu makan digunakan TO.
    FOR, selalu digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat atau baik untuk orang yang bersangkutan. Bermanfaat berarti sesuatu yang baik. Jadi jika anda ingin melakukan sesuatu untuk seseorang dengan cara yang baik, maka digunakan FOR.
    Sebagai contoh:
    I made this lesson ….. you.
    Pada contoh ini, saya membuat/menyusun pelajaran. Apakah pelajaran ini baik untuk anda? Ya, pastinya. Jadi, karena ini merupakan sesuatu yang baik dan akan bermanfaat bagi anda, maka kita gunakan FOR.
    I made this lesson for you.
    Contoh selanjutnya:
    I gave the book …. her.
    Pada contoh ini, saya sedang memegang sebuah buku, dan saya akan memberikannya kepada seseorang. Jadi, sebenarnya saya sedang mentransfer sesuatu. Karena dalam kalimat ini terjadi transfer/pertukaran, maka digunakan TO.
    I gave the book to her.
    Contoh lainnya:
    I’m going to talk …. you.
    Pada contoh ini, ketika berbicara apa yang kita lakukan? Kita mentransfer informasi, sehingga pada contoh ini digunakan TO.
    I’m going to talk to you.
    Contoh berikutnya:
    I will do that …. you.
    Jika saya akan melakukan sesuatu untuk anda, maka saya akan membantu anda, memberi anda manfaat, sehingga kita gunakan FOR.
    I will do that for you.
    Bagaimana dengan contoh berikut:
    I sing …. you.
    Ketika orang bernyanyi, apakah mereka melakukannya karena ingin mentransfer sesuatu kepada orang lain atau ingin menghibur? Tentunya untuk menghibur dan merupakan sebuah kebaikan, maka digunakan FOR.
    I sing for you.
    Contoh terakhir,
    I go …. school.
    Anda tentu sudah tahu bahwa yang digunakan di sini adalah TO. Jika demikian, berarti ada sesuatu yang ditransfer. Apa? Jika anda mengatakan saya pergi ke sekolah, maka sebenarnya anda mentransfer tubuh anda, yakni anda berangkat dari satu tempat ke tempat lainnya. Maka digunakan TO.
    Jadi kesimpulannya, TO digunakan untuk transfer atau pertukaran dan FOR digunakan untuk sesuatu yang mendatangkan manfaat bagi orang lain. Tidak jadi masalah apakah tenses yang digunakan pada past, present, atau future, atau jenis grammar apapun dalam kalimat. Yang menentukan adalah apa yang terjadi dalam kalimat tersebut.
    Latihan:
    1) I took flowers …. you.
    2) She did it …. her.
    3) Can you give your homework …. your teacher after class?
    4) I created this test …. you.
    5) She was promoted …. manager.
    Tuliskan jawaban anda di kolom komentar di bawah!
    Selamat mencoba, semoga dapat memberi pencerahan.
    Sumber: http://letspeakenglish.info



    0 komentar:

    Post a Comment