Latest Post


    Terimakasih Telah Berkunjung

    10 Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mata



    Mata adalah salah satu indra yang sangat penting bagi kita. Jika mata kita terganggu, maka penglihatan kita pun akan memiliki masalah, yang sedikit banyak akan berdampak pada kehidupan kita. Terkadang, hanya dengan kelilipan (adanya benda asing pada mata) sudah membuat kita cukup kerepotan.

    Melatih kemampuan mata adalah hal yang mudah untuk dilakukan, namun seringkali kita lupakan. Seperti indra lainnya, mata juga perlu dilatih untuk mendapatkan kemampuan penglihatan yang tetap baik.

    Berikut adalah 10 latihan mudah untuk meningkatkan kemampuan indra penglihatan kita. Sangat mudah untuk dipraktekkan, ga sampe 10 menit juga kok. Yuk, disimak

    1. Berkedip Secara Cepat
    Berkedip adalah salah satu cara untuk membuat mata kita lebih santai dan rileks. Selain itu, ada 3 manfaat lain yang didapatkan dengan berkedip, yaitu menjaga mata agar tidak kering, membersihkan mata dan mengistirahatkan mata dari paparan sinar, baik sinar matahari, ataupun sinar dari gadget yang kita pakai.
    Apabila kita jarang berkedip, mata akan menjadi kering, yang menyebabkan pembengkakan pada mata sehingga akan mengganggu penglihatan. Latihan ini dapat dilakukan di mana saja, cukup dengan membuka dan menutup mata secara cepat berulang kali. Cukup mudah bukan?

    2. Memutar Kepala
    Latihan ini meningkatkan sirkulasi daerah pada mata. Cara latihannya yaitu dengan memutar kepala, sementara mata tetap melihat ke depan. Pertama, gerakkan kepala ke kanan dan kiri, kemudian ke atas dan bawah, dengan mata tetap fokus ke depan. Lakukan selama 30-60 detik tergantung seberapa banyak waktu luang yang kita miliki.

    3.Melihat ke Kanan dan Kiri
    Latihan kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Gerakkan kedua bola mata ke kanan dan kiri secara perlahan selama 30-60 detik (kepala tidak perlu ikut bergerak). Setelah selesai, pejamkan mata selama beberapa detik


    4. Memejamkan Mata
    Dengan memejamkan mata dapat memperkuat sel-sel fotoreseptor di mata yang berfungsi untuk menjernihkan penglihatan. Selama melakukan latihan ini usahakan kelopak mata tetap rileks, dengan posisi duduk yang nyaman, dan dalam kondisi pikiran yang tenang. Bayangkan hal-hal yang menyenangkan. Lakukan selama 30 detik.

    5. Menggerakkan Pandangan Mata ke Berbagai Arah
    Latihan ini bermanfaat untuk orang-orang dengan mata minus (miopi) ataupun positif (hipermetropi). Lakukan latihan ini dengan menggerakkan pandangan ke berbagai arah yang berbeda, pertama gerakkan mata ke kanan dan kiri selama 5 detik, kemudian atas dan bawah selama 5 detik, selanjutnya gerakan memutar selama 10-15 detik. Dan terakhir, gerakkan seperti angka 8, tidak perlu tergesa-gesa, santai saja.

    6. Menutup dan Membuka Mata
    Tutup mata selama 5 detik, kemudian buka lagi selama 5 detik. Lakukan sebanyak 7 kali repetisi.

    7. Menekan Pelipis
    Tekan pelipis menggunakan jari tangan secara bersamaan senyaman mungkin. Lakukan selama 60 detik.

    8. Menggerakkan Pandangan Dengan Bentuk Geometrik
    Latihan ini mirip dengan latihan nomor 5. Lakukan gerakan ini dengan bentuk geometrik, mulai dari segitiga, persegi, lingkaran hingga trapesium.

    9. Menggerakkan Bola Mata
    Pertama, kita perlu menutup mata kita. Kemudian gerakkan bola mata ke atas dan bawah secara berulang kali dan perlahan. Lakukan hingga 5-10 kali pengulangan.

    10. Melatih Jarak Fokus
    Pertama, duduk/berdiri di depan tembok. Kemudian letakkan jari jempol sekitar 30 cm di depan wajah kita dan fokuskan pandangan kita selama 10-15 detik. Dalam hal ini, jempol dapat digantikan dengan objek yang cukup dekat dengan kita, vas bunga atau botol minum misalnya.

    Kemudian pindahkan fokus pandangan kita pada objek yang berada pada jarak 3 m atau lebih tanpa mengubah posisi kepala kita selama 10-15 detik. Fokuskan kembali pada jempol/objek didekat kita. Lakukan secara berulang hingga 5 kali repetisi.

    Lakukan latihan-latihan di atas secara rutin dan lihat perkembangan kemampuan penglihatan anda dalam hitungan minggu.

    Source



    0 komentar:

    Post a Comment