Latest Post


    Terimakasih Telah Berkunjung

    MUSE; Sejarah, Biografi, Fakta dan Sekilas Tentang Muse




    Sebelumnya, ada yang tau Muse? MUSE? bukan tikus (Mouse) loh ya, tapi ini tentang sebuah Band.
    Oke, pernah dengar lagu Starlight? Supermassive Black Hole? atau Hysteria?
    Itu adalah beberapa lagu karya dari Muse, sebenarnya banyak sih, tapi lagu" di atas yang sering, setidaknya pernah di dengar bagi mereka yang kurang mengenal Muse.
    Apa?? ada yang jawab belum pernah?? TERLALUU.

    Arti Kata
    Secara definitif, kata 'Muse' berarti merenung, berfikir, renungan dan sejenisnya.
    Dalam kamus oxford, dinyatakan bahwa Muse:
    noun 
    1. (Muse) (in Greek and Roman mythology) each of nine goddesses, the daughters of Zeus and Mnemosyne, who preside over the arts and sciences. 
    2. a woman, or a force personified as a woman, who is the source of inspiration for a creative
    arti bebasnya:
    kata benda
    1. (Muse) (dalam Mitologi Yunani dan Roma) adalah sembilan dewi putri Zeus dan Mnemosyne yang menguasai seni dan ilmu pengetahuan. 
    2. seorang putri yang menjadi sumber inspirasi untuk menjadi kreatif.
    Dalam penjelasan lebih lanjut, kesembilan Dewi (Muses) tersebut memiliki kelebihan masing-masing, antara lain: Kalliope (puisi kepahlawanan), Kleio (sejarah), Erato (puisi cinta), Euterpe (sajak), Melpomene (tragedi), Polyhymnia (puisi suci), Terpsichore (paduan suara dan tarian), Thaleia (komedi), Urania (astronomi).

    Sekedar tambahan, dalam kamus thefreedictionary.com, disebutkan bahwa Muse diterjemahkan sebagai a guiding spirit dan juga puisi. Jadi, bisa jadi Muse diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi setiap orang dalam bermusik, karena kata Muse sendiri merupakan dasar kata dari Music (musik).

    Personel
    Muse, memiliki 3 personel yang skillful, yaitu Matthew Bellamy (lead vokal, gitar, piano, keyboard, keytar), Chris Wolstenholme (bass, backing vokal, keyboard, harmonika) dan Dominic Howard (drum, perkusi, backing vokal).

    Seringkali, pada saat live, mereka diperkuat oleh additional player, untuk memperkuat taste pada saat live, antara lain Morgan Nicholls yang biasa mengisi keyboard,perkusi, synthesizer, backing vokal, bass, rhythm guitar (United States of Eurasia); Alessandro Cortini yang biasa mengisi keyboard; Dan "The Trumpet Man" Newell, biasa mengisi trompet (di lagu Knights Of Cydonia dan City of Delusion)

    Sejarah
    Muse dibentuk di Devon pada tahun 1994. Pembentukan Muse dimulai ketika Bellamy berhasil mengikuti audisi untuk gitaris di band Dominic Howard. Mereka meminta Chris Wolstenholme - yang bermain drum pada saat itu - untuk belajar bermain bass untuk band, Wolstenholme setuju dan mengambil pelajaran itu, sementara Bellamy harus menjadi penyanyi dan penulis lagu untuk band. Nama band pertama Bellamy dan Howard adalah Gothic Plague, Fixed Penalty, dan setelah itu Rocket Baby Dolls.

    Dengan image gothic untuk bersaing dalam petarungan antar band. Dan tak lama setelah itu, mereka mengganti nama menjadi Muse, berpindah dari Teignmouth Nama "Muse" itu terinspirasi oleh guru seni Matthew Bellamy yang menyebutkan kata "Muses". Bellamy kemudian mencarinya di kamus dan memutuskan untuk memendekkannya menjadi "Muse". Ini juga digunakan karena pendek dan mereka merasa terlihat bagus di poster. Anggota band ini terdiri dari tiga orang, yaitu Matthew Bellamy (vokal, gitar, piano, keytar), Chris Wolstenholme (bass, backing vokal, keyboard, gitar) dan Dominic Howard (drum, perkusi). Muse memiliki genre musik yang memadukan rock, rock progresif, musik klasik, dan elektronika.

    Setelah beberapa tahun membangun komunitas penggemar, Muse memainkan konser-konser pertama mereka di London dan Manchester. Band ini lalu bertemu dengan Dennis Smith, pemilik perusahaan rekaman Sawmills, yang bermarkas di Cornwall, Inggris. Pertemuan ini akhirnya dilanjutkan dengan rekaman resmi pertama Muse, yaitu E.P. Muse yang menggunakan label Sawmills, Dangerous. Lalu E.P. ke-2 mereka, Muscle Museum, meraih peringkat ke-3 pada tangga lagu indie dan mendapat perhatian dari jurnalis musik Inggris yang berpengaruh, Steve Lamacq, serta majalah musik mingguan Inggris, NME. Dennis Mills lalu membantu membangun perusahaan musik Taste Media, yang dibuat khusus untuk Muse (Muse menggunakan label ini untuk 3 album pertama mereka). Ini merupakan hal yang sangat menguntungkan untuk Muse karena mereka dapat mempertahankan keunikan musik mereka pada awal karier mereka.

    Walaupun E.P. ke-2 mereka cukup sukses, banyak perusahaan rekaman Inggris tetap enggan mendukung Muse, dan banyak orang di industri musik menganggap musik Muse terlalu mirip dengan Radiohead sebagaimana halnya band-band baru asal Inggris lain saat itu. Namun, perusahaan Amerika Serikat Maverick Records mempromosikan Muse untuk tampil beberapa kali di Amerika Serikat hingga akhirnya mengontrak mereka pada tanggal 24 Desember 1998. Sepulangnya dari Amerika, Taste Media mendapatkan kontrak untuk Muse di perusahaan-perusahaan rekaman di Eropa dan Australia. John Leckie, yang menjadi produser album untuk Radiohead, Stone Roses, "Weird Al" Yankovic dan The Verve, dijadikan produser album pertama Muse, Showbiz.

    Peluncuran album ini diikuti dengan penampilan pendukung pada tur band Foo Fighters dan Red Hot Chili Peppers di Amerika Serikat. Pada tahun 1999 dan 2000, Muse bermain pada beberapa festival musik di Eropa dan Australia, dan mengumpulkan banyak penggemar baru di Eropa Barat. Album ke-2 mereka, Origin of Symmetry, dengan John Leckie sebagai produser, berisikan musik yang lebih berat dan gelap, dengan suara bass yang dalam dan terdistorsi. Muse bereksperimen dengan alat-alat musik yang tidak biasa digunakan, seperti organ gereja, Mellotron, dan peralatan drum tambahan. Muse lebih banyak mengandalkan suara tinggi Bellamy, dengan alunan arpeggio gitar dan permainan piano yang terdengar jelas, yang terinspirasi dari gerakan romantisme khususnya musikus Rusia Sergei Rachmaninoff dan Tchaikovsky.

    Beberapa lagu seperti "Space Dementia" memiliki unsur klasik yang lebih kental oleh musik Rachmaninoff. Bellamy juga menyatakan adanya pengaruh dari gitaris ternama Jimi Hendrix dan Tom Morello (gitaris Rage Against The Machine dan Audioslave) dalam melodi gitar pada beberapa lagu terakhir dalam album ini. Terdapat pula daur ulang dari lagu "Feeling Good", yang aslinya dibuat oleh Anthony Newley dan Leslie Bricusse dan dipopulerkan oleh Nina Simone. Penampilan Muse selama promosi album Origin of Symmetry berhasil menarik banyak pengemar dan membangun reputasi Muse sebagai band dengan penampilan live yang luar biasa. Reputasi ini membawa Muse untuk merilis Hullabaloo Soundtrack, DVD yang berisi penampilan mereka di Le Zenith di Paris,Perancis pada tahun 2001. Lalu secara bersamaan, mereka juga merilis album ganda yang berisi B-side dan rekaman dari penampilan di Le Zenith. Album ganda single A-side juga dirilis, dengan dua lagu baru yaitu In Your World dan Dead Star, yang berbeda dengan gaya opera lagu-lagu lain pada Origin of Symmetry. Pada edisi Februari 2006 majalah Q Magazine, album Origin of Symmetry berhasil menempati peringkat ke-74 pada daftar 100 album terbaik sepanjang masa menurut penggemar.

    Album ke-3 mereka Absolution (diproduksi oleh Rich Costey) diluncurkan pada tahun 2003 dan debutnya nomor satu di Inggris. Album ini menghasilkan single pertama yang memasuki sepuluh top hits mereka "Time Is Running Out" dan kemudian dua puluh top hits: "Hysteria", "Sing For Absolution" dan "Butterflies And Hurricanes". Muse kemudian melakukan tur internasional pertama mereka. Ini terus selama sekitar satu tahun dan Muse mengunjungi Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Kanada, dan Perancis. Sementara itu, band ini merilis enam single ("Stockholm Syndrome", "Time Is Running Out", "Hysteria", "Sing For Absolution", "Butterflies And Hurricanes" dan "Apocalypse Please"). Di AS dari tur 2004 mulai tidak menyenangkan karena Bellamy melukai dirinya sendiri di panggung selama pertunjukan pembukaan di Atlanta. Tur dilanjutkan setelah beberapa jahitan dan beberapa hari istirahat.

    Tahun 2003 band menuntut Nestlé, yang menggunakan cover Nina Simone "Feeling Good" pada sebuah iklan untuk Nescafé tanpa izin band. Mereka menyumbangkan uang kompensasi yang didapat dari Nestle sebesar 500.000 poundsterling untuk Oxfam, sebuah yayasan nirlaba yang bergerak di bidang pengentasan kemiskinan. Mereka juga mempunyai DVD yang dirilis oleh band pada 12 Desember 2005, disebut Absolution Tour. Rilis resmi berisi editan Festival Glastonbury 2004 dan sebelumnya cuplikan dari London Earls Court, Wembley Arena, dan Teater Wiltern di Los Angeles. Dua lagu, "Endlessly" dan "Thoughts Of A Dying Atheist", sebagai trek tersembunyi pada DVD yang diambil dari Wembley Arena. Hanya lagu dari Absolution yang tidak muncul di DVD live adalah "Falling Away With You", yang belum pernah dilakukan live sampai saat ini. Absolution mendapatkan sertifikat Emas di AS.

    Pada tahun 2006, Muse merilis album keempat mereka, Black Holes & Revelations, diproduksi oleh Muse dan Rich Costey. Judul dan tema album adalah hasil dari daya tarik band dengan fiksi ilmiah dan kemarahan politik. Album ini mencapai No 1 di Inggris, sebagian besar Eropa, dan Australia. Ini juga sukses di Amerika Serikat, mencapai nomor sembilan di chart album Billboard 200. Sebelum merilis album baru, band ini membuat pertunjukan live, yang sempat terhenti ketika sedang merekam, membuat sejumlah penampilan promosi dimulai pada tanggal 13 Mei 2006 di BBC Radio 1's Big Weekend.

    Tour Black Holes & Revelations dimulai tepat sebelum mereka merilis album dan awalnya kebanyakan terdiri dari penampilan festival, terutama slot headline di Reading dan Leeds Festival pada bulan Agustus 2006. Jadwal tur utama band dimulai dengan tur di Amerika Utara dari akhir Juli awal Agustus 2006. Setelah terakhir dari festival musim panas, tur Eropa dimulai, termasuk tur arena besar Inggris. Black Holes & Revelations dinominasikan untuk Mercury Music Prize 2006, namun kalah dari Arctic Monkeys. Album itu, memperoleh Penghargaan Platinum Eropa setelah menjual satu juta kopi di benua itu. Pada bulan Agustus 2006, Muse mencatat sesi live di Abbey Road Studios untuk Live from Abbey Road. Pada tanggal 25 September 2008, Bellamy, Howard dan Wolstenholme menerima gelar Honorary Doctorate of Arts dari Universitas Plymouth atas kontribusi mereka terhadap musik

    Album kelima Muse The Resistance ini dirilis pada bulan September 2009. Ini adalah album Muse pertama yang dihasilkan sendiri oleh band. Saat rilis, album ini menduduki puncak tangga album di 19 negara, menjadi band nomor album yang ketiga di nomor Inggris, dan mencapai 3 di Billboard 200. Kritik kebanyakan positif mengenai album ini, dengan banyak pujian ditujukan kepada ambisi, pengaruh musik klasik dan tiga belas menit, tiga bagian "Exogenesis: Symphony". Ini juga mengalahkan album sebelumnya Black Holes & Revelations dalam penjualan album relatif dalam minggu debut di Inggris dengan sekitar 148.000 eksemplar terjual. Single pertama "Uprising" dirilis tujuh hari sebelumnya dan telah memenangkan banyak penghargaan.



    Kata Mereka Tentang Muse
    Berikut adalah tentang Muse di mata sesama musisi-musisi besa dunia : 

    Paul McCartney
    Paul McCartney , bassist The Beatles (menonton MUSE live di Glastonbury, berpendapat bahwa MUSE adalah band modern terbaik dan Chris adala salah satu pemain bass terbaik).









    Marilyn Manson

    Marilyn Manson (saat ditanya tentang band favorit British, dia hanya menyebutkan MUSE)









    Good Charlotte (Billy Martin)
    Good Charlotte (Billy, pemain gitar, banyak mendengarkan MUSE dan berharap dapat inspirasi dari lagu-lagu mereka)












    Blink 182 (Tom)
    Blink 182 (Tom dari Blink adalah fans berat, dia menonton pertunjukan MUSE dari pinggir panggung selama tur di San Diego)










    Komentar lain:
    Snow Patrol
     Snow Patrol , MUSE ? its amazing








    Stephanie Meyer
    Stephanie Meyer ( Pengarang Novel TWILIGHT ) adalah fans berat MUSE & "Suatu Kehormatan Dapat Menggunakan MUSE Dalam Twilight"
      










    Justin Timberlake
    Justin Timberlake saat memperkenalkan MUSE di EMA Awards, mengatakan bahwa mereka adalah band terbaik di sana











    Weezer
    Weezer , permainan piano Matt Bellamy tidak ada tandingannya









    RHCP
    Red Hot Chili Peppers , aksi panggung ( best live band ) yang sangat hebat









    MCR
    My Chemical Romance (mereka memasukkan MUSE ke dalam daftar "artists we like" dan tentang "song i wish I wrote" mereka menulis "Stockholm Syndrome"-nya MUSE)








    NOFX
    NoFX (band punk: "Saya pikir Radiohead akan bagus kalau mereka memang benar-benar bagus. MUSE jauh lebih baik dari Radiohead, jauh. Terutama liriknya.")








    Diskografi  
    Sampai tulisan ini dimuat, Muse telah merilis enam album, yaitu:
    Showbiz (1999)
    Origin of Symmetry (2001)
    Absolution (2003)
    Black Holes & Revelations (2006) 
    The Resistance (2009)
    The 2nd Law (2012)

    Muse juga merilis 3 album live Hullabaloo Soundtrack (2002), Absolution Tour (2005) dan HAARP (2008). Untuk daftar lagu Muse, bisa dilihat di sini

    Penghargaan
    Sepanjang Muse mekariernya, Muse telah memenangkan berbagai penghargaan termasuk 5 MTV Europe Music Awards, 5 Q Awards, 9 NME Awards, 2 Brit Awards serta yang terbaru pada tahun 2011 adalah memenangkan Grammy Award untuk kategori Best Rock Album (The Resistance) serta Ivor Novello Awards untuk kategori International Achievement.

    Pada tahun 2010, Muse dalam sebuah jajak pendapat oleh majalah musik NME untuk daur ulang mereka dari lagu Nina Simone "Feeling Good" sebagai lagu daur ulang terbaik sepanjang masa. Lebih dari 15.000 orang memberikan suara. Pada tanggal 12 September 2010, Muse memenangkan MTV Video Music Awards dalam kategori Best Special Effects, untuk promo untuk "Uprising". Pada tanggal 21 November, Muse membawa pulang American Music Award untuk Favorite Artist di Musik Rock Alternatif Kategori, dalam sebuah upacara di Teater Nokia, Los Angeles.

    Pada tanggal 2 Desember, diumumkan bahwa Muse telah dinominasikan untuk tiga penghargaan untuk 53 Grammy Awards: Best Rock Performance By a Duo or Group with Vocals - ("Resistance"); Best Rock Song - ("Resistance"), and Best Rock Album: (The Resistance). Berdasarkan airplay dan penjualan terbesar di AS, singel Muse untuk tahun 2010 dengan "Uprising", "Resistance" dan "Undisclosed Desires" mencapai 1, 6 dan ke-49 di chart akhir tahun. Pada Grammy Awards ke-53 pada 13 Februari 2011, Muse memenangkan Grammy Award untuk Best Rock Album untuk The Resistance. dan Ivor Novello Awards untuk International Achievement.

    Baru-baru ini, Muse dinobatkan sebagai Best Act in The World oleh majalah Q. Wajarlah, penampilan live Muse memang acapkali mengundang decak kagum siapapun yang menontonnya. Efek visual yang dihadirkan dalam setiap konsernya, ditambah aksi gila Matt yang membuat kita harus geleng-geleng kepala.

    Penghargaan yang diterima Muse lengkapnya bisa di cek di sini

    Fakta Menarik Muse
    Begitu banyak kerusakan yang dilakukan muse pada instrumen musikdi tur ‘Origin Of Symmetry ‘. band dan kru sepakat menyebut tur tersebut sebagai ‘Origin Of Chaos tour’
    • Matt adalah pemegang Guiness Book of Record sebagai musisi yang paling banyak menghancurkan gitar di atas panggung yaitu sebanyak 140 gitar selama tour Absolution
    • Sejak pertama kali Muse rekaman Matt tidak pernah membiarkan orang lain selain produser rekaman mendengar dia bernyanyi tanpa iringan musik. Bahkan anggota band (chris dan dom) tidak diizinkan tinggal di studio ketika Matt merekam trek vokalnya.
    • Selama ‘Black Holes And Revelations’ mereka mulai memainkan lagu-lagu lama mereka dalam versi jazz untuk bersenang-senang dan pernah mempertimbangkan untuk menjadi sebuah band jazz.
    • Bayang-bayang terbang orang di sampul ‘Absolution’ adalah asli/nyata – direktur seni Storm Thorgerson menolak untuk mengungkapkan bagaimana gambar tersebut diambil.
    • Selama dua tahun saat tur ‘Origin Of Symmetry’ Muse menghabiskan £ 150 per show karena Matt menghancurkan gitar di panggung. Biaya ditanggung Matt langsung dari kantongnya sendiri.
    • Ketika headline pertama mereka di second stage at V, Muse diperkenalkan di atas panggung oleh Coldplay, Chris Martin di dalam sebuah hoodie. Sejak saat itu Matt dan Chris telah secara teratur mengirimkan sms becandaan bahkan ejeken.
    • Chris martin (cold play) pernah duduk bareng 1 piano bersama matt, chris menunjukan beberapa riff lagu yg di buatnya,lalu matt menambahkan nada versinya di lagu itu, akhirnya chris sadar bahwa matt sangat jenius.
    • Matt mampu mengeja abjad secara terbalik dengan cepat.
    • Pada Big day out 04 Metallica check sound dengan menggunakan lagu New born milik Muse.
    • Di The Small Print (pas 2.51) ada suara kucing ngeong  
    • Muse tak pernah menggunakan suara wanita utk backing vocal di lagu mereka, murni suara Matt
    • Matt menjadi penyanyi tanpa belajar dr seorang guru pun.
    • Matt pake resleting celananya untuk suara di space dementia.
    • Pada awal lagu Yes Please, Matt ngomong “Jump on my pleasure pill! Yes Please?”
    • Suara orang berjalan/ketukan sepatu pada awal Invincible. 
    • Suara detak jantung di akhir Ruled By Secrecy (dengerinnya harus pakai headset yang bagus soalnya pelan banget)
    • Matt ketawa di awal lagu Twin.
    • Sekitar 2:49 di Supermassive Black Hole, setelah solo, kita bisadenger Dom di background chorus ngomong “D-D-D-Dead-Dead-Dead”
    • Matt bikin kesalahan main piano di Ruled By Secrecy pas (3:19)
    • Suara Matt niruin reload gun di Assassin pas 3:31.
    • Pada “Intro” di album Absolution ada suara kayak militer baris dankomandannya teriak. Yang diteriakkan komandannya adalah: “Sieg Heil!Marsch!”
    • Tak ada yang tau secara pasti (termasuk Matt sendiri) apa maknanyalagu Plug In Baby. Karena waktu buat lagu dan ngrekamnya, Matt lagihigh makai mushrooms (kebanyakan fans menduga arti PiB tentang teknologi, relationship dan sex )
    • Dom adalah orang yang mengelola facebook, twitter dan myspace MUSE. Status-status di jejaring sosial itu adalah buatan Dom
    • Dom tuli nada. Saat take vokal lagu Blackout dan semua orang ikut bernyanyi termasuk Tom Kirk (manajer media MUSE), produser rekaman mengatakan ada orang yang suaranya fals. Setelah take berkali-kali dan gagal, akhirnya personel MUSE dites bernyanyi sendiri-sendiri dan ketahuan bahwa ternyata Dom-lah yang bersuara fals itu. Hasilnya, Dom tidak pernah diijinkan bernyanyi di atas panggung kecuali dalam lagu Can't Take My Eyes Off You (hanya di bagian: tadda tadda taddadadada) dan lagu Supermassive Black Holes (disamarkan dengan efek mike robot, di bagian: into the supermassive)


    Tak kan ada habisnya jika kita membicarakan satu Band yang bakal melegenda ini. Selalu saja tiap mendengar lagunya, menikmati video klipnya, apalagi video live konsernya, rasa kagum dan takjub itu muncul. Ditambah hal gila Bellamy yang suka melempar dan membanting gitarnya, atau membuat suara aneh dari pad gitarnya. Aksi panggung yang gila, aransemen yang luar biasa, tata panggung yang terkonsep dengan rapi, membuat semua tentang Muse menjadi istimewa. They're the prophet of Music.

    Semoga saja mimpi Matt untuk melakukan konser di luar angkasa suatu saat bisa tercapai :)

    Disadur dari beberapa blog dan website:

    http://muserofcydonia.blogspot.com/2012/01/fakta-unik-tentang-muse.html
    http://id.shvoong.com/entertainment/music/2312500-muse/
    http://id.wikipedia.org/wiki/Muse_%28grup_musik%29
    http://ateacher-s.blogspot.com/2011/03/bagaimana-komentar-musisi-dunia-tentang.html
    http://muhammadyogapratama.blogspot.com/2011/12/fakta-fakta-tentang-muse.html



    6 comments:

    Post a Comment