Latest Post


    Terimakasih Telah Berkunjung

    The Artist (2011) - Movie Review

    Sutradara       : Michel Hazanavicius
    Penulis           : Michel Hazanavicius ,
    Pemain           : Bérénice Bejo, Jean Dujardin, John Goodman
    Tanggal Rilis  : 23 November 2011
    Movie Genres : Romantis, Drama Musikal

    The Artist (2011) adalah sebuah film Perancis yang disutradarai oleh Michel Hazanavicius dan dibintangi oleh dua aktor utama Jean Dujardin dan Berenice Bejo. Film ini mengangkat kembali eksistensi film bisu pada masa keemasannya dan tentu dalam sajian warna hitam dan putih. Jadi, jangan heran apabila dalam menikmati film ini, tak ada satu patah kata pun yang keluar dari dalam mulut sang aktor, semuanya tergantikan oleh alunan musik orkestra, agar film ini tidak terkesan benar-benar bisu.

    Di Hollywood 1927, George Valentin (Jean Dujardin) adalah bintang film bisu (silent movie) terbesar, dia bak raja yang memiliki dunia di kakinya, memiliki ketenaran, seakan tak ada duanya. George adalah aktor kondang saat teknologi suara belum masuk ke dunia film. Semua film disajikan tanpa dialog, yang ada hanyalah musik pengiring. Saat sedang menghadiri penayangan perdana film terbarunya, George bertemu seorang wanita bernama Peppy Miller (Berenice Bejo). George kemudian berusaha meyakinkan pihak studio untuk menggunakan Peppy sebagai salah satu pendukung di film George.

    Namun, era baru tiba, begitupun dalam dunia perfilman, teknologi audio masuk ke dunia film. Masyarakat mulai tertarik dengan wajah perfilman yang baru, yang tidak lagi bisu. George yang tak mau menjadi bagian dari perubahan ini memilih tetap membuat film bisu, meski tak ada lagi yang menolehnya dia tetap berkarya, menjadi seorang produser, sutradara, director, sekaligus pemain dalam filmnya diri. Tapi sekali lagi jaman telah berubah, tak ada lagi yang mau melirik film bisu, karir George benar-benar mati.

    Saat situasi tak lagi berpihak pada George, Peppy Miller (Bérénice Bejo) datang mengisi dunia perfilman dan dalam waktu yang singkat, posisi kedua orang ini jadi terbalik. Miller telah berubah menjadi seorang artis terkenal karena kharisma yang besar dan bakatnya dalam tarian. Singkat cerita, apabila semula George yang membawa Peppy ke dunia seni peran, kini giliran Peppy yang membantu George kembali ke dunia yang membesarkan namanya.

    The Artist pun bisa dikatakan mendulang emas, membawa pulang banyak penghargaan dalam beberapa festival film. Di ajang Cesar Awards, Prancis. Film hitam putih itu memenangkan enam penghargaan, di antaranya film terbaik, sutradara terbaik (Michel Hazanavicius), aktris terbaik (Berenice Bejo), dan sinematografi terbaik. Tak hanya itu, festival yang cukup bergengsi lainnya, The Artist menyabet 5 penghargaan dalam Piala Oscar Academy Awards 2012, antara lain: film terbaik; sutradara terbaik (Michel Hazanavicius); aktor terbaik (Jean Dujardin); Best Original Score, dan Best Costumes. Film ini juga memenangkan dua Golden Globe (satu untuk kategori aktor terbaik dan satu di Musik Film Terbaik atau Komedi) dan penghargaan Goya untuk film terbaik di Eropa.
    napetis-

    0 komentar:

    Post a Comment