Latest Post


    Terimakasih Telah Berkunjung

    Blogspot Optimization

    Setelah beberapa lama melakukan blogwalking mengenai SEO (Search Engine Optimization), tersadar bahwa sebelum bergerak ke Search Engine, kita harus membenahi Blog kita dulu. Asumsikan andaikata kita akan mengadakan suatu pesta ulang tahun, dan mengundang teman-teman kita untuk datang ke rumah kita, maka rumah kita harus kita hias dahulu sedemikian hingga supaya mereka benar-benar merasa menghadiri sebuah acara pesta ulang tahun, bukan? Bayangkan apabila rumah kita tidak kita hias sebelumnya, atau malah salah menghias, lucu jadinya apabila menghadiri pesta ulang tahun, namun suasana rumah mirip seperti tahlilan orang meninggal dunia $%":&^#@%?: 
    napetis kembali akan memberikan tips-tips Optimasi Blog yang mudah untuk kalian lakukan, tanpa harus melakukan editing HTML, dengan demikian Google akan demen ama blog kita. Mari kita lihat apa saja yang bisa dioptimalkan. Langkah paling awal adalah login ke blogspot anda, lalu meluncur pada Dashboard Blogspot anda, masuk ke tab Setting.
    1. “Basic” setting tab “Set Blog Title” untuk keyword yang anda ingin tampilkan di hasil pencarian search engine. Title haruslah 40-65 karakter, (Google hanya menampilkan maksimal 65 karakter dalam SERP-nya, dan Yahoosekitar 115 karakter dengan spasi dan tanda baca). Hindari kata “and”, “or” dan kata2 lain yang diabaikan search engine. Jangan sekali-kali mengubah title blog anda. Mengubah title akan membuat “robot/spider” bingung dan membuat posisi anda di search engine terjun bebas.
    2. “Add your blog to our listing” pilih Yes, ini akan membuat Google memasukkan blog ke dalam listnya ketika anda mengupdate blog anda, dan juga membuat blog anda tampil di halaman utama Blogger ketika anda membuat postingan. Untuk tambahan, bila anda menjawab “no” blogger akan meng shove “nofollow/noindex” meta-tags di header template blog anda yang akan mencegah blog dindex atau di crawl oleh spider.
    3. "Let search engines find your blog?" pilih Yes juga. Fasilitas ini akan mengirimkan notifikasi ke Weblogs setiap kali anda membuat post baru. Weblogs adalah sebuah site yang mengijinkan visitor dan search engine crawler tahu kapan post baru di posting di blog. Anda tentu saja ingin pengunjung dan crawler mengunjungi halaman post anda ketika anda membuat postingan baru.
    4. Pada tab “Formatting” aturlah supaya hanya ada 5 sampai 7 postingan saja yang tampil di halaman utama blog anda. Sebenarnya terserah anda sih. Seperti misal jika anda memasang Google Adsense di dalam postingan, batasi menjadi 3 saja, karena Adsense membatasi hanya 3 unit iklan yang bisa tampil pada setiap kali halaman itu tampil.
    5. Pada tab "Comment" ijinkan komentar dan jangan lakukan pembatasan. Jangan menampilkan comment di pop up window, karena hal ini akan mencegah spider melakukan crawling content dari comment tersebut.
    6. Mengoptimalkan "Site Feed". RSS adalah “Rich Site Summary” atau “Really Simple Syndication” atau “RDF Site Summary” terserah anda mengartikannya <asal jangan 'Resimen Sahabat Septian', bisa ngamuk entar teman ane yang satu ini>. RSS pada dasarnya adalah “a way to stream up the minutes news and updated on your blog”. Alamat RSS feed anda adalah “http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml” Anda harus mengubahnya ketika anda membakar feed di http://feedburner.com. Jangan menge-set site feed pada posisi “Full Description”, aturlah supaya menjadi “Short Description” atau "Until Jump Break" . Mengapa? Apabila anda mengeset ke “Full Post”, pengunjung sudah bisa membaca seluruh isi posting anda. Mereka jadi tidak punya alasan untuk mengunjungi blog anda karena mereka telah membaca keseluruhan postingan. Kalau cuman sedikit dan ternyata mereka tertarik untuk membaca keseluruhan isi postingan, maka mereka harus kita paksa untuk kembali ke blog.
    7. Jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar blog anda mempunyai Page Rank yang tinggi
    NB: Jangan hanya dibaca, tetapi juga dipraktekkan
    napetis' glob

    0 komentar:

    Post a Comment