Latest Post


    Terimakasih Telah Berkunjung

    Menjadi Seorang Ayah yang Baik

    Anugerah Tuhan yang besar bagi seorang laki-laki adalah bahwa dia boleh menjadi seorang ayah, demikianlah seseorang mengatakan pada napetis. Seorang lelaki sejati akan menemukan kebahagiaan dan kebanggaannya kala ia memiliki seorang anak, tapi boleh saja pendapat anda memiliki pendapat yang berbeda tentang hal ini. Berikut adalah tips bagaimana  menjadi seorang ayah yang baik:


    1. Selalu bersikap tenang
    Anak-anak akan selalu melakukan hal-hal yang bisa memprovokasi Anda, entah dengan sengaja ataupun tidak. Seorang ayah yang baik akan selalu berusaha untuk menjaga emosinya, tidak berteriak atau menghardik, apalgi memberikan hukuman besar hanya untuk sebuah pelanggaran ringan karena dia dalam kondisi marah. Ketiak semua berlalu, Anda akan menyesal dan menyadari, bukankah Anda tidak ingin mengajari anak-anak Anda untuk melakukan hal-hal seperti itu ?

    2. Menunjukkan rasa sayang
    Sangat penting untuk menunjukkan  kepada anak-anak bahwa Anda menyayangi mereka. Anda perlu menyatakannya kepada mereka bahwa anda menyayangi mereka, termasuk dalam bentuk tindakan-tindakan seperti mendukung ketika mereka membutuhkannya, menyeka air matanya, maupun memeluk mereka … tak peduli seberapa besar yang mereka dapatkan.

    3. Bersabar
    Kadang-kadang Anda berharap agar anak-anak Anda bisa melakukan sesuatu pekerjaan secara rutin sebagaimana anda pernah meminta mereka melakukannya tanpa perlu diingatkan berkali-kali. Inilah saat-saat dimana Anda perlu bersabar dan ingat bahwa mereka adalah anak-anak… berilah mereka waktu, beri mereka kesabaran Anda.

    4. Merasa Bangga
    Ini merupakan bentuk motivasi, bahwa ayah mereka bangga dengan anak-anaknya … tapi banyak ayah tidak menyadari betapa pentingnya untuk memberitahu anak-anak mereka. Anak-anak Anda perlu tahu bahwa Anda bangga terhadap mereka … dan hal-hal yang mereka lakukan yang menjadikan Anda bangga karenanya akan mereka coba untuk melakukannya lagi. Jika Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda bangga dengan nilai bagus, mereka akan mencoba untuk mendapatkan nilai yang baik … jika Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda bangga mereka menjadi orang baik, atau baik dengan saudara mereka, atau sesuatu yang lain, mereka akan melakukan hal apa pun yang membuat Anda bangga tersebut (atau setidaknya mereka mau mencoba).

    5. Bersikap Jujur
    Kejujuran secara umum memang penting, terlebih bersikap jujur kepada anak-anak karena anak-anak akan belajar dari Anda … dan Anda pasti ingin agar merekapun bersikap jujur. Dan apabila Anda tidak ingin anak-anak mengetahui tentang sesuatu, apakah karena itu tidak pantas untuk mereka atau karena alasan lain, mengatakan kepada mereka alasannya akan lebih baik daripada sekedar berbohong untuk menutupinya.

    6. Tegas
    Bila Anda menetapkan suatu aturan, tegaslah dengan aturan itu. Jika mereka seharusnya jam 06.00 sore sudah harus berada di rumah, maka ketika mereka berjalan di pintu pada jam 06:07, mereka harus mendapatkan konsekuensinya. Jangan selalu meringankan keadaan, tetapi disisi lain andapun jangan terlalu mengekang… Bukanlah sebuah aturan apabila pelanggaran dianggap sebagai pengecualian.

    7. Menjadi Diri Sendiri
    Sangat penting untuk menjadi diri sendiri di hadapan anak-anak Anda, jangan berpura-pura hebat di depan mereka sementara di belakang mereka anda sebaliknya. Bagaimanapun anak-anak pada akhirnya akan mengetahui hal tersebut, dan pada akhirnya akan menimbulkan dua efek negatif : kepercayaan mereka kepada anda akan terkikis (anda akan dianggap penipu oleh mereka), dan di sisi lain andapun telah mengajarkan kepada mereka bahwa perilaku tersebut sesuai untuk mereka.

    8. Pertama jadilah Ayah, Kedua jadilah Teman
    Hal yang luar biasa untuk tidak hanya menjadi orangtua, tetapi juga menjadi seorang teman untuk anak anda. Anda perlu mengingat mana yang lebih dulu, namun sudah barang tentu anak-anak perlu seorang ayah melebihi apa yang mereka butuhkan dari seorang teman, dan Andalah pilihan terbaik untuk itu. Dan jika Anda tidak bisa menjadi ayah bagi mereka, mereka akan mencarinya di tempat lain.

    9. Bersikap Hormat
    Ini sangat penting untuk mengajarkan anak-anak Anda untuk menghormati anda, tapi tidak kalah penting juga untuk memastikan bahwa andapun menghormati mereka. Ini berarti memberi mereka ruang untuk tumbuh dan belajar, dan menempatkan mereka mereka pada posisi yang seimbang, dan memperlakukan mereka sebagai individu mereka sendiri.

    10. Selalu Hadir
    Boleh jadi ini adalah saripati dari kesembilan point yang telah di bahas di sana. Bagaimanapun, secara sederhana kita bisa mengatakan bahwa anak-anak membutuhkan seorang ayah. Mereka membutuhkan seorang ayah dalam hidup mereka, yang memberi perhatian kepada mereka, yang tertarik pada mereka, yang melakukan banyak hal dengan mereka, dan bertanya tentang mereka. Tunjukkan kepada mereka bahwa mereka penting bagi Anda, dan anda siap memberi mereka waktu dan perhatian Anda.

    0 komentar:

    Post a Comment