Latest Post


    Terimakasih Telah Berkunjung

    Tentang Kali (Parit Raya) Bondoyudo

    Jika kawans pernah berkunjung ke daerah Jember/Situbondo/Bondowoso/Banyuwangi pasti akan menjumpai sebuah kali (tepatnya parit raya) yang bernama Bondoyudo yang terbentang sepanjang Lumajang hingga perbatasan dengan Jember, berikut penampakannya:
    Google map menunjukkan bahwa parit ini berada pada lokasi -8.219826,113.305360. napetis seringkali terkesima pada parit yang terlihat pada sisi kanan ketika akan menuju Jember dan sisi kiri pada saat meninggakan Jember ini. Ada sesuatu yang menundang perhatian ketika dalam perjalanan melintasi parit yang memiliki luas 11970 Ha ini. Perlu diketahui bahwa parit raya Bondoyudo dijadikan sumber untuk memenuhi kebutuhan perairan oleh masyarakat sekitar, sehingga hampir semua aktivitas MCK dilakukan di kali ini. Tak pelak sering terlihat beberapa orang yang sedang mandi, cuci baju dan buang hajat dalam jarak tidak sampai seratus meter, menggelitik rasanya, tapi begitulah keadaannya.

    Berdasarkan dari berbagai informasi yang terkumpul, parit ini didirikan sejak jaman penjajahan belanda sebagai bentuk sistem pengairan (irigasi) pada saat itu, hal ini sangat masuk akal sebab di samping kanan kiri parit ini masih terpampang sawah yang masih hijau, walaupun sebagian sudah dialih-fungsikan menjadi rumah/perumahan. Parit bondoyudo juga dimanfaatkan oleh kerajaan Lumajang sebagai pertahanan untuk melawan serangan dari kerajaan Majapahit pada perang bondoyudo saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa parit ini telah terbentuk tahun 1600 M.

    Hal menarik lain dari parit ini adalah aliran airnya yang melewati bawah sungai Jatiroto. Ga percaya? ini bukan hoax lho, berikut pict nya:

    Air sungai bondoyudo masuk dari arah jatiroto



    Aliran kali Bondoyudo menghilang, melewati bawah sungai jatiroto


    Keluar/naik kembali ke arah Tanggul Jember
     Disadur dari berbagai sumber

    0 komentar:

    Post a Comment