Latest Post


    Terimakasih Telah Berkunjung

    Penyakit Mata Akibat Kebanyakan Mengkonsumsi Kafein

    Bagi anda yang merupakan seorang maniak kopi, ada sedikit kabar buruk bagi anda. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein (tidak hanya kopi, bisa juga teh, coklat dan minuman soda yang berkafein) bisa menyebabkan gangguan pada mata anda. Seperti yang dilansir oleh Livestrong, Jumat (7/1/2011) bahwa ada 2 penyakit mata yang berbahaya akibat kebanyakan minum kafein:

    1. Glaukoma (tekanan bola mata yang meningkat dan bisa akibatkan buta)
    Menurut laporan Glaukoma Research Foundation, mengonsumsi kafein dalam waktu singkat dapat menyebabkan peningkatan tekanan intraokular pada mata. Peningkatan tekanan ini dapat bertahan hingga tiga jam sebelum akhirnya kembali normal.
    Orang biasanya tidak akan melihat perubahan pada tekanan mata tersebut, karena biasanya fluktuasi tidak menyebabkan gejala luar.
    Hal ini tidak terlalu berbahaya bila Anda mengonsumsi kafein dalam batas normal atau hanya sesekali. Tapi bila Anda memasukkan kafein dalam jumlah besar ke tubuh, hal tersebut bisa menyebabkan glaukoma, yaitu kerusakan penglihatan yang biasanya disebabkan oleh meningkatnya tekanan bola mata.
    Bila tidak segera ditangani dan Anda terus mengonsumsi kafein, glaukoma bisa membahayakan penglihatan hingga menyebabkan kebutaan.

    2. Kelopak mata kejang
    Konsumsi kafein juga dapat menyebabkan kelopak mata berkedut. Kondisi ini biasanya tidak menunjukkan kondisi mata yang serius, tapi itu hanya mungkin terjadi karena adanya efek stimulan dari kafein.
    Kelopak mata berkedut sering menyebabkan kejang otot periodik di atas atau bawah kelopak mata. Kedutan ini dapat menyebabkan frustrasi dan orang bisa merasakan kontraksi.
    Kedutan ini bukan merupakan efek permanen pada mata atau penglihatan. Setelah Anda mengurangi asupan kafein dan efek stimulan, kelopak mata akan kembali ke fungsi normal.

    Marilah mengkonsumsi kopi atau makanan/minuman lain yang mengandung kafein secara proporsional, tidak berlebihan. Sayangilah tubuh anda. Salam Sehat!!

    0 komentar:

    Post a Comment