Latest Post


    Terimakasih Telah Berkunjung

    Azas dan Etika Blog

    Dalam dunia blog, banyak yang belum mengerti mengenai hak cipta, baik hak cipta terhadap posting (baca: artikel) dalam sebuah blog maupun template/desain yang menjadikan bentuk blog menjadi lebih indah dan bagus dipandang mata. Coba saja bayangkan apabila sebuah hanya tampak sebagai susunan berbagai html yang membingungkan. Bisa mati apabila kita baca artikelnya.
    Banyak tips SEO (Search Engine Optimation) yang menyatakan bahwa posting atau isi dari blog kita adalah raja (Contents is King), jadi baik-baiklah dalam membuat artikel, buatlah artikel yang sebagus mungkin, berkualitas, menarik dan layak untuk dibaca. Pengalaman napetis dalam blogwalking, banyak blogger yang mengisi blognya dengan artikel repost hasil copas tanpa ada perubahan sama sekali terhadap artikelnya, hal ini sebenarnya masih bisa diterima asalkan si Blogger mencantumkan alamat sumbernya. Nah, kalo tidak mencantumkan alamat sumbernya? Sementara dibagian bawah postingan ada tulisan "diposting oleh 'zxc' pada..." Apa dia merasa layak memiliki sebuah artikel "curian" yang berkualitas. Inilah yang dinamakan dengan melanggar hak cipta. Jadi, biasakanlah untuk membuat posting sendiri. Jika tidak mampu, boleh copas posting dengan mengubah kurang lebih 30% dari isi postingan. Jika masih tidak mampu, minimal berilah alamat sumber untuk menghargai pembuatnya. Oke??
    Ada sebuah kasus mengenai pelanggaran hak cipta. Tapi kasus ini bukan tentang copas posting, tapi lebih terhadap hak cipta desain template suatu blog. Informasi lebih lengkapnya silahka baca di sini
    Baiklah. Marilah untuk saling menghargai sesama blogger. Lakukanlah dengan caramu, seperti konsep yang diajarkan Tuhanmu.
    napetis' glob